Apa Yang Dimaksud dengan Mahram ?

Avatar
Gambar Ilustrasi Apa Yang Dimaksud dengan Mahram ?

Kali ini Kita Hebat akan menjawab soal “apa yang dimaksud dengan mahram”.

Jawaban

Apa yang dimaksud dengan mahram ? Dalam KBBI, kata mahram memiliki makna ’orang (perempuan, laki-laki) yang masih termasuk sanak saudara dekat karena keturunan, sesusuan, atau hubungan perkawinan sehingga tidak boleh menikah di antaranya’ dan ’orang laki-laki yang dianggap dapat melindungi wanita yang akan melakukan ibadah haji (suami, anak laki-laki, dan sebagainya)’.

Dalil tentang Mahram

Istilah mahram berasal dari makna haram, lawan kata halal. Artinya sesuatu yang terlarang dan tidak boleh dilakukan.

Kemeja Blouse

Dalam kamus Al-Mu’jam Al-Wasith disebutkan al-mahram itu adalah dzulhurmah (ذو الحرمة) yaitu wanita yang haram dinikahi.

Dalil Mahram

Berikut adalah dalil mahram :

Long Tunik Shanghai

Diharamkan atas kamu (mengawini) ibu-ibumu; anak-anakmu yang perempuan; saudarasaudaramu yang perempuan, saudara-saudara bapakmu yang perempuan; saudara-saudara ibumu yang perempuan; anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki; anakanak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan; ibu-ibumu yang menyusui kamu; saudara perempuan sepersusuan; ibu-ibu isterimu (mertua); anak-anak isterimu yang dalam pemeliharaanmu dari isteri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan isterimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu mengawininya; (dan diharamkan bagimu) isteri-isteri anak kandungmu (menantu); dan menghimpunkan (dalam perkawinan) dua perempuan yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Perbedaan Mahram dan Muhrim

Secara Umum istilah “Muhrim” terkait dalam pelaksanaan ibadah haji/umrah, khususnya pada tahap awal yang disebut “Ihram” (tahapan ketika seseorang memulai menunaikan haji/umrah).

Seseorang yang sedang melaksanakan Ihram secara resmi disebut sebagai “Muhrim” (orang yang sedang berihram).

Sedangkan Mahram” umumnya muncul dalam konteks perbincangan mengenai pernikahan.

Mahram adalah seorang perempuan yang dilarang untuk dinikahi (dalam konteks pernikahan) atau wanita yang tidak dapat membatalkan wudhu ketika bersentuhan dengan lawan jenisnya (dalam konteks bersuci).

Dua individu yang memiliki hubungan mahram diizinkan untuk bersentuhan satu sama lain, termasuk saling bersalaman atau interaksi lainnya.

Semoga ulasan dari apa yang dimaksud dengan mahram diatas menjawab pertanyaan sahabat semua.

Terimakasih.