4 Penyebab Rantai Motor Kendor Dan Aus Ternyata Sering Diabaikan Oleh Banyak Orang

Avatar

4 Penyebab Rantai Motor Kendor Dan Aus Ternyata Sering Diabaikan Oleh Banyak Orang


Ketahui Penyebab Rantai Motor Kendor Dan Aus- Mungkin banyak orang yang mengeluhkan masalah 
ini dan anda pasti juga mengalaminya. Rantai kendor ini sangat mengganggu, apalagi rantai kendor ini terjadi pada saat perjalanan dan anda sedang terburu-buru.

Baca juga :  4 Cara Cek Pajak Motor Lewat Hp Dengan Mudah dan Cepat, Dapat Kamu Akses Dimanapun Kamu Berada 

Rantai Motor kendor Tentu sangat mengganggu karena selain sepeda motor menjadi lamban sepeda motor sangat tidak nyaman dikendarai, ditambah lagi bunyi rantai yang tidak enak didengar akan membuat pengendara was-was. Lalu apa Penyebab Rantai Motor Kendor dan Aus?

Tenang, disini Kitahebat akan mencoba mengulasnya pada artikel ini.

Penyebab Rantai Motor Kendor Dan Aus

Fungsi rantai sepeda motor adalah untuk menghubungkan tenaga mesin dengan putaran roda belakang agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Namun, masih banyak yang lalai memperhatikan komponen ini sehingga rantai sepeda motor cepat kendor bahkan putus.

Tentunya hal ini harus kita waspadai agar hal seperti itu tidak terjadi lagi pada anda. Oleh karena itu dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab rantai motor mudah kendor dan Aus diantaranya adalah 

Proses Pengencangan yang Tidak Benar

Bisa jadi karena proses pengencangan yang kurang tepat menyebabkan rantai motor lebih cepat kendur. Saat dikencangkan, pastikan jarak lengan kiri dan kanan sama. Jika selisih bisa menyebabkan gir depan dan belakang tidak berada di tengah sehingga lama kelamaan aus dan menimbulkan suara gesekan rantai dengan gir. Hal ini dapat membuat rantai motor menjadi kendor bahkan putus.

Rider Style

Penyebab rantai motor kendur selanjutnya adalah Style atau Metode Rider. Tingkah laku pengemudi menjadi pemicu rantai kendor, jika dipacu sering injak gas, berakselerasi terus menerus secara tiba-tiba.

Mengendarai motor dengan cara stop and go, rantai motor pasti akan ‘menarik’ persneling dengan tenaga yang besar. Dampaknya adalah baut lepas dan mulai bergeser dari tempatnya.

Jenis ( Merk )  Rantai 

Saat ini banyak sekali Rantai yang diproduksi dari banyak perusahaan yang masih belum teruji kualitasnya, banyak yang mendapatkan rantai dengan harga murah namun sebenarnya kualitasnya dibawah standart 

Rantai tersebut bisa saja sering kendor dan aus karena bahan yang digunakan kurang memadai, jadi pastikan kamu menggunakan rantai yang benar-benar sudah teruji. 

Dry Chain

Pelumas ini berfungsi untuk meminimalkan gesekan. Pada saat gesekan minimal maka daya tarik antar rantai menjadi kecil sehingga licin, jadi mudah berputar dan beban kecil.

Demikian penjelasan dari saya tentang ketahui Penyebab Rantai Motor Kendor dan aus semoga

bermanfaat, terimakasih.