Apa Definisi dari Informatika ? Inilah Fungsi Utama

Avatar
Apa Definisi dari Informatika ? Inilah Fungsi Utama
Apa Definisi dari Informatika ? Inilah Fungsi Utama

MEJA PINTAR – Apa definisi dari informatika ? Semakin majunya perkembangan zaman teknologi informatika semakin menjadi – jadi.

Pengertian Informatika Menurut Wikipedia adalah disiplin ilmu komputer yaitu data ataupun informasi pada mesin berbasis komputerisasi.

Wikipedia menyatakan bahwa bidang ini memiliki keterkaitan erat dengan teknologi yang terkait dengan perhitungan menggunakan mesin.

Secara umum, informatika mencakup berbagai aspek teknologi informasi, seperti komputer, internet, pemrograman, dan sebagainya.

Pengertian Informatika Menurut Para Ahli

Apa definisi dari informatika selain Wikipedia ? Berikut ini adalah pengertian Informatika menurut para ahli ternama didunia :

Prof. Subroto Ngoenari

Prof. Subroto Ngoenari mengatakan informatika adalah ilmu yang mempelajari sistem informasi, pengelolaan informasi, dan pengintegrasian teknologi komputer dalam sebuah sistem komunikasi.

Prof. Gordon B. Davis

Menurut Prof. Gordon B. Davis Informatika merupakan ilmu yang berpokus pada pengumpulan, pengolahan, dan penyebaran informasi secara instan melalui komputer.

Prof. Arief Sidharta

Menurut Prof. Arief Sidharta informatika adalah ilmu yang mempelajari sistem berbasis komputer yang mengelola informasi secara efisien dan efektif.

Prof. Barry W. Boehm

Prof. Barry W. Boehm mendefinisikan informatika sebagai bidang yang berfokus pada pengembangan perangkat lunak serta penerapan teknologi komputer dalam mengolah dan menyajikan informasi.

Dr. Muhammad Aziz Muslimin

Dr. Muhammad Aziz Muslimin mengungkapkan bahwa informatika merupakan ilmu komputer yang mempelajari sistem informasi, komputasi data, serta pengelolaan dan pengolahan informasi menggunakan perangkat komputer.

Prof. Howard S. Gitlow

Terakhir, menurut Prof. Howard S. Gitlow, informatika merupakan kombinasi dari ilmu informasi dan teknologi komputer yang berperan dalam mengelola, mengolah, dan menyajikan informasi dengan efisien dan efektif.

Bidang Ilmu Informatika

Berikut adalah bidang ilmu informatika, diantaranya adalah :

Sistem Informasi: Membahas tentang pengembangan dan pengelolaan sistem informasi yang melibatkan pengolahan data dan informasi.

Ilmu Komputer: Menyelidiki prinsip dasar perhitungan dan pemrograman untuk pengembangan software dan algoritma.

Ilmu Informasi: Menitikberatkan pada penelitian dan pengetahuan terkait informasi, termasuk cara penyimpanan dan aksesnya.

Teknik Komputer: Membahas desain, pengembangan, dan pemeliharaan perangkat keras komputer.

Aplikasi Informasi dalam Sistem Informasi Manajemen: Mengintegrasikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan operasi manajemen.

Keamanan Informasi: Menangani perlindungan informasi dan data dari ancaman dan risiko keamanan.

Informatika Sosial: Mempelajari dampak teknologi informasi pada masyarakat dan interaksi sosial.

Dengan cakupan yang luas dan relevansinya terhadap perkembangan teknologi, informatika menjadi fondasi penting dalam menghadapi era digital saat ini.

Mempelajari dan memahami konsep-konsep dalam informatika tidak hanya memberikan wawasan mendalam, tetapi juga mempersiapkan individu untuk berkontribusi dalam masyarakat yang semakin tergantung pada teknologi informasi.

MEJA PINTAR.