Inilah Perbedaan Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan  yang Banyak di Perdebatkan

Avatar
Inilah Perbedaan Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan  yang Banyak di Perdebatkan

KITA HEBAT – Inilah perbedaan pendidikan dan ilmu pendidikan yang banyak di perdebatkan.

Pada artikel ini Kita Hebat akan mengulas inilah perbedaan pendidikan dan ilmu pendidikan.

Pemutih Kulit

Disini akan bahas mengenai Perbedaan Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan, kali ini kami akan menggali lebih dalam apa itu pendidikan dan ilmu pendidikan.

Perlu anda ketahui bahwa pendidikan dapat terjadi dalam berbagai konteks, baik di lembaga pendidikan formal seperti sekolah dan universitas, maupun melalui pengalaman sehari-hari dan pembelajaran sepanjang hayat.

Kemeja Blouse

Perbedaan Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan

Pendidikan ini mencakup suatu pembentukan etika, moral dan karakter bisa membentuk individu menjadi warga negara bertanggung jawab dan juga peduli terhadap masyarakat di sekitarnya, yuk simak penjelasan dibawah ini.

Long Tunik Shanghai

Pengertian Pendidikan

Berikut ini mengenai pengertian pendidikan menurut para ahli perlu anda ketahui:

Ki Hajar Dewantara

Pendidikan merupakan suatu tuntutan dalam kehidupan anak yang sedang tumbuh. Maknanya adalah pendidikan membimbing seluruh kekuatan fitrah yang ada pada diri peserta didik agar sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup yang setinggi-tingginya.

Prof. Dr. John Dewey

Pendidikan adalah suatu proses pengalaman, karena hidup merupakan pertumbuhan yang artinya membantu pertumbuhan batin manusia tanpa harus dibatasi usia. Proses pertumbuhan merupakan proses penyesuaian diri pada setiap fase dan peningkatan keterampilan dalam perkembangan seseorang melalui pendidikan.

Prof. H. Mahmud Yunus

Pendidikan merupakan suatu usaha yang sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, jasmani dan akhlaknya agar secara perlahan dapat mengantarkan anak kepada tujuan dan cita-citanya yang tertinggi. Agar kehidupannya bahagia dan apa yang dilakukannya dapat bermanfaat bagi dirinya, masyarakat, bangsa, negara dan agama.

Pengertian Ilmu Pendidikan

Para ahli memberikan berbagai pendapat mengenai pengertian ilmu pendidikan, inilah mengenai beberapa pandangan sejumlah ahli berikut ini:

Driyarkara

Ilmu pendidikan adalah berpikir ilmiah, yaitu berpikir yang kritis, mempunyai metode, dan terstruktur secara sistematis tentang pendidikan.

Carter V. Good

Ilmu pendidikan merupakan suatu bangunan pengetahuan yang sistematis yang mencakup aspek kuantitatif dan obyektif dalam proses pembelajaran dan menggunakan instrumen secara cermat dalam mengajukan hipotesis pendidikan untuk diuji berdasarkan pengalaman, seringkali dalam bentuk eksperimen.

Imam Barnadib

Ilmu pendidikan merupakan ilmu yang membahas masalah-masalah pendidikan umum secara komprehensif dan abstrak. Pendidikan memiliki gaya teoretis dan praktis. Bersifat teoritis artinya bersifat normatif atau menunjukkan standar nilai tertentu. Sedangkan praktis berarti bagaimana pendidikan seharusnya dilaksanakan.

Sekian ulasan dari saya tentang inilah Perbedaan Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan, semoga bermanfaat.