Sebutkan Empat Gerakan Passing atas Bola Voli dan Empat Gerakan Passing Bawah

Avatar

KITA HEBAT – Sebutkan empat gerakan passing atas bola voli dan empat gerakan passing bawah.

Memahami soal sebutkan empat gerakan passing atas bola voli dan empat gerakan passing bawah ini penting dalam materi pelajaran penjaskes.

Pemutih Kulit

Jika anda belum memahami  empat gerakan passing atas bola voli dan empat gerakan passing bawah, baca ulasan berikut ini sampai selesai.

Bola voli adalah olahraga yang membutuhkan keterampilan teknis yang baik, terutama dalam melakukan passing atas.

Kemeja Blouse

Teknik ini tidak hanya membutuhkan keahlian fisik, tetapi juga pemahaman strategis untuk menciptakan serangan yang efektif terhadap lawan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah rinci untuk melakukan passing atas dengan sempurna, serta mengeksplorasi fungsi dan tujuannya dalam konteks permainan bola voli.

Long Tunik Shanghai

Dasar Gerakan Passing Atas Bola Voli

Berdiri sejajar dan memposisikan diri dengan benar merupakan langkah awal dalam menguasai passing atas. Pastikan kedua kaki terbuka selebar bahu, menghadap arah bola yang datang.

Dengan salah satu kaki di depan dan lutut sedikit ditekuk, Anda menciptakan fondasi yang stabil untuk melakukan teknik ini.

  1. Angkat kedua tangan sejajar di depan atas dahi, dengan jari-jari tangan membentuk cekungan atau segitiga yang memandu arah bola. Posisi ini memastikan Anda siap untuk menerima bola dengan kontrol optimal.
  2. Saat bola berada tepat di depan atas dahi, lakukan gerakan mendorong dengan meluruskan siku. Pastikan perkenaan bola terjadi pada ruas jari pertama dan kedua, menciptakan sentuhan yang tepat untuk melanjutkan gerakan.
  3. Dorongan lengan harus didukung oleh lecutan pergelangan tangan, sementara lutut kaki diluruskan untuk menciptakan gerakan memantul yang memungkinkan Anda mengendalikan bola dengan presisi.
  4. Setelah berhasil mendorong bola hingga siku agak lurus, langkah berikutnya adalah memindahkan berat badan dengan melangkahkan kaki ke depan. Selanjutnya, kembali ke posisi awal untuk siap menerima atau melanjutkan serangan.

Gerakan Passing Bawah Bola Voli

Berikut adalah empat cara melakukan passing bawah dalam bola voli:

  1. Platform Pass (Pass dengan menggunakan lengan dan pergelangan tangan): Posisikan tubuh dengan kaki terbuka selebar bahu, lalu letakkan tangan yang satu di atas yang lain, membentuk permukaan datar atau “platform.” Pergelangan tangan harus kaku, dan bola dipukul dengan permukaan lengan bagian bawah.
  2. Bump Pass (Pass dengan punggung tangan): Posisikan tubuh dengan kaki terbuka, tekuk lutut sedikit, dan punggung tangan bersentuhan erat. Bola dipukul dengan punggung tangan yang menghasilkan gerakan melengkung ke atas untuk mengarahkan bola ke arah yang diinginkan.
  3. Forearm Pass (Pass dengan bagian dalam lengan bawah): Posisikan tubuh dengan kaki terbuka, lalu letakkan lengan bawah di depan tubuh. Lengan bawah yang terbentang dan kaku digunakan untuk menahan dan mengarahkan bola, dengan memberikan sedikit gesekan untuk mengontrol kecepatan dan arahnya.
  4. Underhand Pass (Pass bawah dengan menggunakan telapak tangan): Posisikan tubuh dengan kaki terbuka, dan letakkan satu tangan di bawah bola, sementara tangan yang lain mendukung di sisi. Gunakan gerakan telapak tangan untuk mengangkat dan mengarahkan bola dengan kontrol ke rekan setim.

Dengan latihan dan teknik yang tepat, pemain voli dapat meningkatkan keakuratan dan kecepatan dalam melakukan passing bawah.

Fungsi dan Tujuan Passing Atas: Strategi Penting dalam Bola Voli

Passing atas tidak hanya sekadar teknik, tetapi juga merupakan elemen kunci dalam merencanakan strategi penyerangan terhadap lawan.

Dalam konteks permainan bola voli, melakukan passing atas dengan sempurna memungkinkan pemain untuk memberikan umpan kepada spiker atau smasher untuk melakukan serangan efektif.

Teknik passing atas, sering juga disebut sebagai set up, tidak hanya terbatas pada memberikan umpan kepada spiker.

Hal ini juga dapat digunakan untuk mengirim bola ke daerah lawan, menciptakan peluang untuk mengacaukan pertahanan lawan dan mencetak poin.

Dengan kata lain, passing atas adalah fondasi dari serangan bola voli. Kualitas operan ini menentukan sejauh mana bola dapat diterima dengan mudah atau berada dalam posisi optimal untuk melakukan pukulan serangan, seperti smash atau spike.

Kesimpulan

Dalam menguasai teknik passing atas dalam bola voli, langkah-langkah yang tepat dan pemahaman akan fungsi serta tujuannya sangat penting.

Pemain yang dapat melakukan passing atas dengan baik memiliki keunggulan strategis dalam merancang serangan yang efektif dan mengambil kendali dalam permainan.

Dengan mengintegrasikan langkah-langkah ini ke dalam latihan dan memahami pentingnya passing atas dalam konteks permainan, Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda sebagai pemain bola voli yang unggul.

Segera terapkan teknik ini dalam latihan Anda dan saksikan bagaimana permainan Anda berkembang dengan pesat.

Semoga ulasan sebutkan empat gerakan passing atas bola voli dan empat gerakan passing bawah tersebut bermanfaat bagi Kita Hebat semua.

Terimakasih.