Sejarah Penemuan Kertas Ditemukan dari Tiongkok Kuno Hingga Menjadi Material yang Paling Umum Digunakan di Dunia Modern

Avatar
Sejarah Penemuan Kertas Ditemukan dari Tiongkok Kuno Hingga Menjadi Material yang Paling Umum Digunakan di Dunia Modern

Sejarah Penemuan Kertas Ditemukan dari Tiongkok Kuno Hingga Menjadi Material yang Paling Umum Digunakan di Dunia Modern – Kertas adalah salah satu material yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Kertas digunakan untuk mencatat catatan, menulis surat, membuat bungkus makanan, membuat origami, dan banyak lagi.

Pemutih Kulit

Tapi tahukah kamu bagaimana kertas ditemukan dan mengapa kertas menjadi begitu populer di seluruh dunia?

Kitahebat akan membahas sejarah penemuan kertas, dari Tiongkok kuno hingga menjadi material yang paling umum digunakan di dunia modern.

Kemeja Blouse

Sebelum kita membahas sejarah penemuan kertas, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu kertas.

Baca juga : Sejarah Pendidikan Kolonialisme dan Berkembangnya Sistem Pendidikan Barat Melahirkan Golongan Nasionalisme Tinggi

Long Tunik Shanghai

Kertas adalah material yang terbuat dari serat selulosa, yang biasanya diambil dari pohon kayu atau tanaman seperti bambu.

Serat ini kemudian diolah dan dicampur dengan air untuk membentuk lembaran kertas yang dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan.

Sejarah Penemuan Kertas di Tiongkok Kuno

Pada tahun berapa kertas ditemukan ? Kertas pertama kali ditemukan di Tiongkok kuno pada sekitar tahun 100 SM. Pada saat itu, orang-orang Tiongkok menggunakan tulang binatang, kulit, dan bahan-bahan organik lainnya untuk mencatat catatan.

Baca juga : Sejarah Perkembangan Bisnis Digital di Indonesia

Pada awalnya kertas ditemukan oleh seorang pejabat istana China bernama Cai Lun yang berfikir untuk mencari  cara yang lebih baik untuk menulis dan membaca selain dengan bambu.

Akhirnya Cai mempunyai ide untuk mencampur kulit pohon, jaring ikan,  rami, dan kain dan menghasilkan sebuah bahan yang lebih ringan sehingga mudah untuk ditulisi.

Bahan itulah yang dinamakan kertas hingga saat ini, setelah penemuan tersebut Cai membawa penemuan itu ke kaisar Tiongkok.

Hasinya penemuan tersebut digunakan oleh semua pejabat kerajaan dan Cai terus melakukan perbaikan terhadap penemuannya tersebut.

Baca juga : Sejarah Perkembangan Komputer dan Tahukah Kamu Komputer Generasi Pertama Yaitu Komputer yang Digunakan Pada Tahun Berapa ?

Perkembangan Kertas di Dunia Islam

Setelah ditemukan di Tiongkok, kertas menyebar ke seluruh dunia melalui perdagangan dan perjalanan orang-orang.

Di dunia Islam pada abad ke-8, para ahli kimia Islam mengembangkan teknik pembuatan kertas yang lebih canggih dengan memperkenalkan penggunaan bahan kimia seperti amonium klorida dan gelatin sebagai agen pengikat.

Baca juga : Sejarah Desa Jenangan Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo Ternyata Sudah Ada Sejak Perjuangan Pangeran Diponegoro

Kertas di Eropa

Kertas pertama kali diperkenalkan ke Eropa pada abad ke-12 oleh para penjelajah Arab. Namun, pada awalnya kertas dianggap sebagai barang mewah dan hanya tersedia untuk kaum bangsawan dan orang kaya.

Kertas diproduksi secara manual di pabrik kertas, yang hanya mampu menghasilkan jumlah yang sangat sedikit.

Namun, pada abad ke-19, mesin pembuat kertas ditemukan, sehingga kertas menjadi lebih terjangkau dan tersedia untuk semua orang.

Baca juga : Telegraf Merupakan Alat Yang Biasanya Digunakan Untuk Mengirim Pesan Menggunakan Kode Morse Berikut Sejarah Perkembangannya

Kertas di Era Modern

Hari ini, kertas adalah salah satu material yang paling umum digunakan di seluruh dunia.

Kertas digunakan untuk berbagai macam tulisan dan gambar. Selain itu kertas dapat dijangkau oleh semua masyarakat dari berbagai kalangan tanpa adanya perbedaan.

Hingga saat ini kertas digunakan sebagai material yang paling umum digunakan di dunia modern.

Baca juga : Sejarah Dan Tradisi Desa Pohijo Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo Yang Masih Rutin Dilakukan Setiap Tahun

Itulah Sejarah Penemuan Kertas Ditemukan dari Tiongkok Kuno Hingga Menjadi Material yang Paling Umum Digunakan di Dunia Modern, semoga dapat menambah wawasan bagi sahabat semua.