Pengertian Qada dan Qadar yang Wajib Kita Imani

Avatar
Pengertian Qada dan Qadar yang Wajib Kita Imani

KITA HEBAT – Qada dan Qadar adalah salah satu dari rukun iman, dapat dikatakan bahwa rukun iman adalah pokok ajaran dalam islam yang memiliki 6 fungsi utama.

Kali ini Kita Hebat akan membahas soal jelaskan pengertian qada dan qadar, dimana materi ini akan kamu temukan pada pelajaran agama tingkat SMP.

Pemutih Kulit

Banyak yang mengatakan bahwa Qada dan qadar memiliki arti yang sama, meskipun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Kesamaan dalam bentuk kata dan pelafalan keduanya menyebabkan adanya kebingungan dalam penggunaan istilah tersebut.

Kemeja Blouse

Pengertian Qada dan Qadar

Dari segi bahasa, qada dapat diartikan sebagai suatu bentuk ketentuan. Namun, dalam konteks istilah keagamaan, qada merujuk pada ketentuan Allah SWT yang bersifat umum, azali, dan berlaku untuk seluruh makhluk-Nya.

Long Tunik Shanghai

Sedangkan qadar, secara etimologis, istilah ini bermakna ketetapan atau ukuran.

Secara terminologi, qadar merujuk pada implementasi atau penetapan hukum Allah terhadap seluruh makhluk-Nya apabila syarat-syarat yang ditetapkan terpenuhi.

Qadar memiliki karakteristik yang lebih khusus daripada qada. Artinya, kejadian qadar dapat bergantung pada usaha dan doa seseorang.

Jika kita simpulkan Qada merupakan ketetapan yang telah ditentukan oleh Allah Swt bagi makhluk-Nya yang bersifat tidak dapat diubah atau ditunda.

Sementara itu, Qadar adalah ketetapan yang telah ditentukan oleh Allah Swt terhadap seluruh makhluk-Nya yang dapat diubah melalui usaha manusia atau ikhtiar.

Fungsi Iman Qada dan Qadar

Mengimani Qada dan Qodar merupakan salah satu prinsip dasar dalam ajaran Islam yang berkaitan dengan keyakinan terhadap ketentuan dan takdir Allah. Berikut adalah beberapa fungsi mengimani Qada dan Qodar:

Meningkatkan Ketaatan dan Ketakwaan

Keyakinan terhadap Qada dan Qodar membantu umat Islam untuk lebih taat dan takwa kepada Allah. Mereka percaya bahwa setiap kejadian di dunia ini merupakan bagian dari rencana Allah yang maha bijaksana.

Menenangkan Hati dan Jiwa

Dengan memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah kehendak Allah, orang-orang yang meyakini Qada dan Qodar cenderung memiliki ketenangan dan kedamaian batin. Mereka tahu bahwa setiap ujian atau cobaan adalah bagian dari rencana-Nya.

Mengurangi Rasa Takut dan Kekhawatiran

Orang yang memiliki keyakinan kuat terhadap Qada dan Qodar akan lebih sedikit merasa takut atau khawatir terhadap masa depan. Mereka tahu bahwa Allah-lah yang mengatur segala sesuatu, dan mereka berserah diri kepada-Nya.

Mendorong Kesabaran dan Syukur

Menghadapi ujian atau cobaan dengan penuh kesabaran adalah bagian dari iman dalam Qada dan Qodar. Orang yang meyakini ini akan lebih mampu bersyukur dalam segala keadaan, baik suka maupun duka.

Mencegah Kegalauan Berlebihan

Dengan mengimani Qada dan Qodar, seseorang cenderung tidak terlalu terpengaruh oleh kegalauan dan kekecewaan yang dapat timbul akibat peristiwa-peristiwa yang di luar kendali manusia.

Menumbuhkan Rasa Tawakal

Tawakal, yaitu berserah diri sepenuhnya kepada Allah, merupakan sikap yang diperkuat oleh keyakinan terhadap Qada dan Qodar. Orang yang tawakal mengandalkan Allah dalam setiap langkah hidupnya.

Semoga ulasan dari soal jelaskan pengertian qada dan qadar diatas bermanfaat bagi sahabat semua.

Terimakasih.