Sebutkan dan Jelaskan Teknik dalam Pembuatan Tekstur dalam Menciptakan Sebuah Karya Seni

Avatar
Sebutkan dan Jelaskan Teknik dalam Pembuatan Tekstur dalam Menciptakan Sebuah Karya Seni
Sebutkan dan Jelaskan Teknik dalam Pembuatan Tekstur dalam Menciptakan Sebuah Karya Seni

MEJA PINTARSebutkan dan jelaskan teknik dalam pembuatan tekstur yang mempesona.

Sebelum kita membahas soal sebutkan dan jelaskan teknik dalam pembuatan tekstur, mari kita pahami bersama tentang teknik tekstur.

Teknik tekstur adalah metode atau cara tertentu yang digunakan dalam menciptakan atau menghasilkan tekstur pada suatu permukaan.

Teknik ini melibatkan serangkaian langkah atau prosedur yang diimplementasikan untuk memberikan karakteristik tertentu pada bahan atau medium, sehingga menciptakan efek visual atau taktil yang diinginkan.

Dalam seni rupa, desain grafis, dan industri kreatif lainnya, teknik tekstur seringkali digunakan untuk menambah dimensi dan kekayaan visual pada karya seni.

Hal ini dapat melibatkan penggunaan berbagai media, termasuk cat, pensil, atau bahkan teknologi digital, untuk mencapai efek tekstur yang berbeda.

Sejak zaman yang telah lama berlalu, teknik pembuatan tekstur telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam seni kerajinan.

Melibatkan penggunaan cairan atau media padat, prosesnya dimulai dengan pengadukan cairan hingga mencapai kepadatan yang diinginkan, lalu membentuk tekstur yang menawan.

Kategori Kerajinan Tekstil Indonesia

Kerajinan tekstil Indonesia melahirkan dua kategori yang mencolok: kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisional.

Sementara kerajinan tekstil modern lebih sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan fungsional sehari-hari, kerajinan tekstil tradisional mendapat tempat istimewa dalam upacara adat dengan makna simbolis yang kental.

Menurut Henni Ratnasusanti, M.Pd dalam Modul Kemdikbud berjudul ‘Craft Aspects of Crafts,’ produk kriya tekstil memiliki fungsi yang bervariasi, dari dekorasi hingga objek yang dapat dikenakan, serta memenuhi keutuhan ritual dan fungsi simbolik.

Kerajinan sebagai Gaya Hidup

Sebagai barang yang dapat digunakan sehari-hari, kerajinan tekstil tak hanya memenuhi tujuan praktis, tetapi juga menjadi ekspresi dari gaya hidup.

Sebagai contoh, kita dapat menemui karya seni tekstil yang bertransformasi menjadi rak pakaian, tas, dompet, keset, dan jaket.

Dalam buku “Kriya dan Kewirausahaan” karya Hendriana Werfhaningsih dkk., terdapat sejumlah contoh kerajinan tekstil yang diklasifikasikan berdasarkan fungsinya, antara lain:

A. Untuk Memenuhi Kebutuhan Sandang (Fashion)

Contoh: Pakaian, aksesoris, tas, topi, sepatu.

B. Sebagai Aksen Interior

Misalnya: Kain untuk gorden dan sarung kursi.

C. Peralatan Rumah Tangga

Contoh: Sarung bantal, keset lantai, sprei, taplak meja.

D. Sebagai Wadah untuk Benda-benda

Contoh: Dompet.

Itulah ulasan tentang sebutkan dan jelaskan teknik dalam pembuatan tekstur, semoga bermanfaat.

MEJA PINTAR.